PROGRAM TAHUNAN
Mata pelajaran : BAHASA INDONESIA
Satuan pendidikan : MA MU’ALLIMIN NW BORO’TUMBUH
Kelas / program : XII / IPS
Tahun Pelajaran : 2011/2012
SEMESTER | NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JP) |
GANJIL | 1 | Mendengarkan Memahami informasi dari berbagai laporan | 1.2. Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | |
1.3 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran | ||||
2 | Berbicara Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | 2.1. Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi | ||
2.2. Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | ||||
3 | Membaca Memahami artikel dan teks pidato | 3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | ||
3.2. Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | ||||
4 | Menulis Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi | 4.1. Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | ||
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku | ||||
4.2. Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir | ||||
4.3. Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | ||||
5 | Mendengarkan Memahami pembacaan novel | 5.1. Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | ||
5.2. Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | ||||
6 | Berbicara Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ||
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ||||
7 | Membaca Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | ||
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | ||||
8 | Menulis Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | ||
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | ||||
GENAP | 9 | Mendengarkan Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan | 9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung | |
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi | ||||
10 | Berbicara Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks | 10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal | ||
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | ||||
11 | Membaca Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1. Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit | ||
11.2. Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | ||||
12 | Menulis Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | 12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif | ||
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | ||||
13 | Mendengarkan Memahami pembacaan teks drama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | ||
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | ||||
14 | Berbicara Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam | ||
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | ||||
15 | Membaca Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | 15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer | ||
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | ||||
16 | Menulis M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | 16.1. Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai | ||
16.2. Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | ||||
Mengetahui; Kepala Madrasah, ASMU’I, S.Pd.I | Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011 Guru Bidang Studi, HADARIAH, SE. |
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar